Home » » 5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan

5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan

5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan

Kompetisi Kerja
Persaingan merupakan sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam dunia kerja. Setiap individu tentu saja mempunyai cara yang berbeda dalam menghadapi persaingan. Banyak yang justru malah terpacu untuk memperoleh hasil yang terbaik, namun banyak juga yang kalah sebelum berperang. Cara yang terbaik untuk menghadapi persaingan yaitu dengan menghadapi dan menaklukkannya layaknya sang juara.
Tentu saja persaingan memiliki dampak positif dan negatif. Di dalam dunia kerja, persaingan kerja dapat memacu seseorang agar melakukan pekerjaannya dengan sebaik mungkin dan dapat berkontribusi lebih terhadap perusahaan dimana ia bekerja. Dampak positif lain yaitu persaingan kerja juga merupakan bagian seleksi alami untuk mendapatkan yang terbaik, yang tentu saja yang tidak kompeten akan tersingkir dengan sendirinya.

Namun demikian, persaingan kerja juga dapat memperburuk suasana kerja dikarenakan banyaknya tekanan. Target kerja yang ketat membuat karyawan yang bekerja dibuat pusing untuk memenuhi target tersebut. Jadi, bagaimana cara menyingkapi persaingan kerja shingga anda dapat bekerja dengan lebih baik dan memperkecil dampak negatifnya? Berikut 5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan.


Baca Juga:
5 Tanda Interview Kerja Gagal 
5 Tanda Anda Harus Segera Ambil Cuti
3 Cara Menghadapi Musuh /Hatters di Tempat Kerja 

5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan

Menerima Bahwa Persaingan adalah sesuatu hal yang alami
Seperti sudah saya sampaikan, persaingan adalah sesuatu yang natural, tidak dapat dihindari, dan akan selalu ada dimanapun  anda berada, Walaupun anda berusaha keras untuk menghindarinya, persaingan akan selalu ada di sekeliling anda. Jadi, pilihan terbaik adalah menerima persaingan tersebut dengan lapang dada untuk dihadapi.

  1. Kenali diri anda lebih dalam

    Dengan mencari tahu apa yang kamu punya dan miliki adalah merupakan keuntungan untuk menghadapi persaingan. Sesekali cobalah untuk memposisikan diri anda sebagai orang lain-bos atau rekan kerja, lalu beri penilaian diri anda sendiri dengan sejujurnya. Cari tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anda, dan ide apa yang dapat anda sumbangkan untuk membangun perusahaan tempat anda bekerja. Apakah anda bisa menghadapi tekanan kerja? Apakah anda mahir dalam mempresentasikan sesuatu? Cari tahu apa keahlian anda! Hal ini akan membantu anda dalam memilih jenis persaingan yang bisa anda ikuti dan taklukan. Sehingga anda cukup memilih salah satunya dan tidak perlu untuk menghadapi semua persaingan.
  2. Pelajari Kompetitor

    Mempelajari siapa yang menjadi pesaing anda akan memberikan gambaran yang jelas bagaimana anda harus bersikap. Anda dapat mempelajari kelebihan dan kekurangan mereka untuk kemudian diambil keputusan bagaimana cara menghadapinya.
  3. Menjadi Partner  yang Baik

    Dengan mengenali pesaing anda hanya permulaan. Berikutnya adalah anda harus mencari tahu bagaimana agar dapat bekerja sama yang baik dengan mereka, tanpa ada ketegangan. Jangan sampai persaingan yang tinggi justru membuat anda menjadi orang yang tidak disukai di tempat kerja. Dengan menjadi patner yang baik akan membantu merubah persepsi anda terhadap mereka, dari kompetitor menjadi rekan kerja. Singkirkan embel-embel saingan yang tersemat pada diri mereka.Namun sebaliknya, anda harus melihat mereka sebagai rekan kerja untuk mencapai tujuan bersama. Jangan malu untuk mengakui kelebihan mereka dan hargailah segala bentuk kerjasama dalam rangka mencapai tujuan bersama.
  4. Menjadi yang Terbaik 

    Anda harus mengontrol diri sendiri dan tetap berusaha untuk melakukan yang terbaik. Akan sangat mudah menghadapi persaingan jika dari awal anda sudah mempunyai standar kerja yang tinggi yang anda terapkan pada diri sendiri. Bukan orang lain yang membawa anda kedalam sebuah persaingan, namun anda sendirilah yang masuk dan harus siap menghadapinya. Perkara Menang atau kalah, berhasil atau gagal, anda akan tetap  melangkah dengan rasa percaya diri yang tinggi karena telah melakukan  maksimal.

0 komentar:

Post a Comment